Rabu, 13 Januari 2016

Embargo Ekonomi

Embargo secara umum adalah pembatasan apa pun dalam perdagangan luar negeri. Dalam prakteknya, embargo lebih banyak mengacu pada pembatasan ekspor untuk penjualan ke negara lain tertentu. Tidak seperti tarif, kuota impor, dan hambatan non-tarif lainnya yang melindungi produsen dalam negeri dari persaingan, embargo dimaksudkan untuk menghukum negara tujuan ekspor. Embargo strategis mencegah pertukaran barang militer dengan suatu negara.
Embargo biasanya dilakukan sebagai akibat dari kondisi politik dan ekonomi antarbangsa yang tidak menguntungkan. Pembatasan yang dilakukan akan mengisolasi negara yang diembargo dan menciptakan kesulitan bagi pemerintahnya sehingga memaksa mereka untuk bertindak terhadap masalah yang mendasari. Karena banyak negara bergantung pada perdagangan global, embargo adalah alat yang ampuh untuk mempengaruhi suatu negara.
Dalam perdagangan internasional, sebuah embargo adalah sanksi dimandatkan pemerintah yang membatasi perdagangan dengan wilayah asing. Embargo dapat membatasi impor, atau ekspor, atau keduanya.. Rasional untuk embargo adalah hukuman politik suatu negara. Sebagai contoh, krisis minyak tahun 1973 yang mempengaruhi Amerika Serikat dihasilkan dari OPEC embargo atas penjualan minyak ke AS pada pembalasan untuk menyediakan bantuan militer kepada Israel. Embargo cenderung menyakiti industri dalam negeri dipengaruhi oleh kebijakan dan untuk mengundang pembalasan. AS menggunakan embargo dalam banyak konteks tertentu, terutama terhadap negara-negara yang dianggap sebagai sponsor terorisme. Kurang ekstrim pembatasan perdagangan bebas dari embargo, seperti tarif dan ekspor tugas ini bahkan lebih sering. Istilah embargo adalah kadang-kadang disalahgunakan untuk diterapkan ke boikot, yang umumnya merupakan gerakan akar rumput untuk berhenti membeli dari sebuah bisnis, juga sebagai alat hukuman.
Contoh Kasus Embargo
 Saat berbicara di rapat kabinet, seusai pesawat Sukhoi Su-24 ditembak di perbatasan Suriah-Turki, Perdana Menteri Dmitry Medvedev mengatakan bakal memfokuskan sanksi pada "pembatasan atau pelarangan" kepentingan ekonomi Turki di Rusia.
Sektor yang akan terpengaruh, kata Medvedev, mencakup pangan, pariwisata, transportasi, perdagangan, tenaga kerja, bea cukai dan "hubungan kemanusiaan".
Sebulan setelah pengumuman itu, para pebisnis Turki merasakan dampaknya.
Ekspor produk makanan ke Rusia, termasuk sayur dan buah, mendadak terputus. Kemudian, penjualan tiket pesawat dan pemesanan hotel di Turki oleh wisatawan asal Rusia berkurang drastis.
Proyek konstruksi TurkStream, jalur pipa yang mengalirkan gasRusia ke Turki melalui Laut Hitam, ditunda sampai batas waktu yang tidak ditentukan.
Bahkan, perusahaan-perusahaan Rusia dilarang memperkerjakan warga sipil Turki.

Erhan Aslanoglu, seorang pakar ekonomi Turki, mengatakan beragam sanksi itu jelas akan berdampak pada ekonomi Turkidalam jangka pendek. Dia memprediksi ekonomi Turki akan kehilangan sedikitnya 10 miliar dollar AS atau Rp 138,3 triliun.

Kesimpulan :
            Embargo Merupakan segala macam pembatasan perdagangan luar negri yang biasanya merupakan suatu bentuk hukuman kepada suatu negara tertentu dengan tujuan untu meyulitkan negara tersebut biasanya yang disulitkan adalah negara yang akan diekspor.embargo juga merupakan suatu cara ampuh untuk mempengaruhi suatu negara.



 Sumber :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar